SOP Pelayanan Bukit Pinang

No.

Jenis Pelayanan

Komponen

Persyaratan

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

Prosedur Peninjauan Lapangan

Jangka Waktu Penyelesaian

1.

Surat Pernyataan Penguasaan Tanah

  1. Foto copy KTP Pemilik Tanah
  2. Apabila pengurusan tanah

dikuasakan dengan pihak lain, harus melampirkan Surat Kuasa dari Pemilik Tanah beserta Foto copy KTP yang diberi kuasa

  1. Asli & Foto Copy Berkas asal usul / riwayat tanah (yang asli hanya ditunjukan saja, kemudian diserahkan kembali)
  2. Foto copy KTP Saksi Riwayat Tanah /    Penunjuk Batas
  3. Foto copy Saksi Batas Tanah
  4. Barkas-berkas tambahan lainnya sesuai dengan kondisi berkas asal usul / riwayat tanah
  5. Satu Set Blanko Pertanahan yang dibeli di Kantor Kecamatan Samarinda Ulu
  6. Materai Rp. 6.000,- sebanyak 4 lembar ( bisa lebih sesuai kondisi berkas asal-usul)
  7. Pemasangan papan pemberitahuan tanah akan dibuatkkan SPPT
  1. Pemilik Tanah/Yang Dikuasakan datang langsung ke Kantor Kelurahan menemui Petugas Pertanahan dan menyerahkan berkas persyaratan, untuk kemudian dipelajari terlebih dahulu oleh Kasi Tata Pemerintahan & Trantib
  2. Kasi Tata pemerintahan & Tantib menjadwalkan peninjauan ke lokasi
  3. Peninjauan ke lokasi dilakukan sesuai prosedur Peninjauan Lokasi di bawah
  4. Setelah meninjau lokasi, Kasi Tata Pemerintahan & Tantrib dan Petugas Pertanahan mengevaluasi peninjauan dan mencocokkan dengan kelengkapan berkas persyaratan
  5. Setelah evaluasi berkas dan peninjauan ke lokasi, Pemilik Tanah / Yang Dikuasa kan mengisi Blanko Pertanahan dengan menggunakan mesin ketik, serta Surat Riwayat Penguasaan Bidang Fisik Tanah yang di ketik Petugas Pertanahan (bila di perlukan)
  6. Blanko Pertanahan yang telah di ketik, di tanda tangani oleh Pemilik Tanah,  Saksi Batas, Ketua RT, dan Saksi Riwayat Tanah pada Surat Riwayat Penguasaan Bidang Fisik Tanah
  7. Petugas Pertanahan memeriksa kembali seluruh penandatanganan pada berkas Pertanahan oleh unsure-unsur terkait
  8. Kasi Tata Pemerintahan & Tantrib membubuhkan paraf pada sisi kanan nama jabatan Lurah Bukit Pinang pada berkas pertanahan
  9. Kasi Tata Pemerintahan & Trantib melapor kan kepada Lurah
  10. Dalam kondisi kompleksitas permasalahan  tanah beserta kelengkapan administrasinya, dimungkinkan Sekretaris  Kelurahan untuk terlibat dalam proses pemeriksaan berkas pertanahan, dan membubuhkan paraf padasisi kiri nama jabatan Lurah
  11. Pemilik Tanah/Yang Dikuasakan menghadap langsungke Lurah Bukit Pinang, dengan membawa seluruh berkas persyaratan, termasuk berkas asal-usul ASLI, umtuk kemudian ditanda-tangani oleh Lurah
  1. Peninjauan Kelokasi tanah dalakukan bersama sama, meliputi :
  1. Unsusr Teknis Pertanahan Kecamatan Samarinda Ulu
  2. Unsur Teknis Pertanahan Kelurahan Bukit Pinang :
  • Kasi Tata Pemerintahan & Trantib
  • Petugas Pertanahan
  1. Lurah, Sektretaris Kelurahan, Babinsa, Babinkamtibnas ( bila diperlukan sesuai dengan kompleksitas kondisi tanah beserta kelengkapan administrasi)
  2. Ketua Rt setempat
  3. Pemilik Tanah / yang Dikuasakan
  4. Saksi Riwayat Tanah / Petunjuk Batas
  5. Saksi Batas Tanah
  6. Unsur lain sesuai arahan Camat atau Lurah
  1. Peninjauan dilakukan dalam kondisi tanah siap ukur, yang merupakan tanggung jawab pemilik tanah
  2. Foto/Dokumentasi pada saat peninjauan
  3. Pembuatan Plang Pengumuman bahwa tanah tersebut akan dibuatkan SPPT oleh Pemilik Tanah
  4. Penandatanganan Form Berita Acara Pemeriksaan Tanah dan berkas tambahan lain bila diperlukan

3 (tiga) Hari Kerja, dengan catatan Lurah berada di tempat

2.

Surat Keterangan Melepaskan Hak Atas Tanah

Persyaratan sama dengan SPPT kecuali no. i

  1. Pemilik Tanah/Yang Dikuasakan datang langsung ke Kantor Kelurahan menemui Petugas Pertanahan dan menyerahkan berkas persyaratan, untuk kemudian dipelajari terlebih dahulu oleh Kasi Tata Pemerintahan & Trantib
  2. Kasi Tata pemerintahan & Tantib menjadwalkan peninjauan ke lokasi
  3.  Peninjauan ke lokasi dilakukan sesuai prosedur Peninjauan Lokasi di bawah
  4. Setelah meninjau lokasi, Kasi Tata Pemerintahan & Tantrib dan Petugas Pertanahan mengevaluasi peninjauan dan mencocokkan dengan kelengkapan berkas persyaratan
  5. Setelah evaluasi berkas dan peninjauan ke lokasi, Pemilik Tanah / Yang Dikuasa kan mengisi Blanko Pertanahan dengan menggunakan mesin ketik, serta Surat Riwayat Penguasaan Bidang Fisik Tanah yang di ketik Petugas Pertanahan (bila di perlukan)
  6. Blanko Pertanahan yang telah di ketik, di tanda tangani oleh Pemilik Tanah,  Saksi Batas, Ketua RT, dan Saksi Riwayat Tanah pada Surat Riwayat Penguasaan Bidang Fisik Tanah
  7. Petugas Pertanahan memeriksa kembali seluruh penandatanganan pada berkas Pertanahan oleh unsure-unsur terkait
  8. Kasi Tata Pemerintahan & Tantrib membubuhkan paraf pada sisi kanan nama jabatan Lurah Bukit Pinang pada berkas pertanahan
  9. Kasi Tata Pemerintahan & Trantib melapor kan kepada Lurah
  10. Dalam kondisi kompleksitas permasalahan  tanah beserta kelengkapan administrasinya, dimungkinkan Sekretaris  Kelurahan untuk terlibat dalam proses pemeriksaan berkas pertanahan, dan membubuhkan paraf padasisi kiri nama jabatan Lurah
  11. Pemilik Tanah/Yang Dikuasakan menghadap langsungke Lurah Bukit Pinang, dengan membawa seluruh berkas persyaratan, termasuk berkas asal-usul ASLI, umtuk kemudian ditanda-tangani oleh Lurah
  1. Peninjauan Kelokasi tanah dalakukan bersama sama, meliputi :
  1. Unsusr Teknis Pertanahan Kecamatan Samarinda Ulu
  2. Unsur Teknis Pertanahan Kelurahan Bukit Pinang :
  • Kasi Tata Pemerintahan & Trantib
  • Petugas Pertanahan
  1. Lurah, Sektretaris Kelurahan, Babinsa, Babinkamtibnas ( bila diperlukan sesuai dengan kompleksitas kondisi tanah beserta kelengkapan administrasi)
  2. Ketua Rt setempat
  3. Pemilik Tanah / yang Dikuasakan
  4. Pembeli Tanah/ yang Dikuasakan
  5. Saksi Riwayat Tanah / Petunjuk Batas
  6. Saksi Batas Tanah
  7. Unsur lain sesuai arahan Camat atau Lurah
  1. Peninjauan dilakukan dalam kondisi tanah siap ukur, yang merupakan tanggung jawab pemilik tanah
  2. Foto/Dokumentasi pada saat peninjauan
  3. Pembuatan Plang Pengumuman bahwa tanah tersebut akan dibuatkan SPPT oleh Pemilik Tanah
  4. Penandatanganan Form Berita Acara Pemeriksaan Tanah dan berkas tambahan lain bila diperlukan

3 (tiga) Hari Kerja, dengan catatan Lurah berada di tempat

3.

Surat Keterangan Ahli Waris

  1. Fotokopy Surat Kematian Apabila belum ada, silahkan memperhatikan berkas standar pelayanan surat kematian
  2. Fotokopy KK dan KTP yang meninggal (Jika Masih Ada)
  3. Fotokopy KK dan KTP Ahli Waris
  4. Fotokopy KTP Saksi Waris sebanyak 2 orang (orang yang mengetahui secara jelas silsilah keluarga yang meninggal)
  5. Materai Rp.6000 sebanyak 2 lembar
  1. Pemohon langsung ke Kantor Kelurahan Bukit Pinang dan menyerahkan berkas pada Staf di Loket 1 untuk diperiksa kelangkapannya
  2. Staf memberikan redaksi Surat Keterangan Ahli Waris sesuai Standar Pelayanan di kecamatan Samarinda Ulu. Staf dimungkinkan dapat mengetikkan Surat Keterangan Ahli Waris bila ahli waris meminta
  3. Seluruh ahli waris beserta saksi waris menanda tangani Surat Keterangan Ahli Waris
  4. Surat Keterangan Ahli Waris dibawa ke Ketua RT setempat untuk diketahui dan ditanda tangani oleh ketua RT
  5. Berkas dibawa kembali ke Kelurahan, dan Sekretaris Kelurahan membubuhkan paraf sebagai bentuk advice terhadap berkas tersebut
  6. Lurah mentandatangani berkas sebagai pihak yang mengetahui perihal waris tersebut. Dalam kondisi Lurah tidak di tempat, tidak dapat didelegasikan kepada pejabat lain kecuali ada surat pendelegasian resmi
  7. Berkas dibawa ke Kecamatan Samarinda Ulu untuk diketahui dan ditanda tangani oleh camat

-

1 hari

4.

Surat Keterangan Kebakaran

  1. Surat Pengantar RT
  2. Fotocopy Kartu Kekuarga & KTP
  1. Pemohon mendatangi Ketua RT setempat untuk meminta Surat Pengantar Ketua RT
  2. Pemohon langsung ke Kantor Kelurahan Bukit Pinang dan menyerahkan berkas pada Staf di loket 1 untuk diperiksa kelengkapannya
  3. Pemohon mengisi Surat Pernyataan Kebakaran
  4. Staf memproses berkas tersebut
  5. Kasi Tata Pemerintahan & Trantib membubuhkan paraf sebagai bentuk advive terhadap berkas tersebut
  6. Lurah menandatangi berkas. Dalam kondisi Lurah tidak di tempat, dapat didelegasikan pada sekretaris Kelurahan atau Kasi Tata Pemerintahan & trantib

-

1 hari

5.

Surat Keterangan Kelahiran

  1. Surat Pengantar Ketua RT
  2. Fotokopy dan Asli Kartu Keluarga yang telah ditambahkan nama anak yang mau dibuatkan Akta Kelahiran
  3. Fotokopy dan Asli Surat Keterangan Kelahiran dari Rumah Sakit/Klinik/Bidan Resmi
  4. Fotokopy dan Asli KTP Ayah dan Ibu
  5. Fotokopy dan Asli Buku Nikah atau Akta Perkawinan
  6. Fotokopy Pelunasan PBB
  1. Pemohon mendatangi Ketua RT setempat untuk meminta Surat Pengantar ketua RT
  2. Pemohon langsung ke Kantor Kelurahan Bukit Pinang dan menyerahkan berkas pada Staf di loket 3 untuk diperiksa kelengkapan dan diproses berkasnya
  3. Kasi Tata Pemerintahan & Trantib membubuhkan paraf sebagai bentuk advice terhadap berkas tersebut
  4. Lurah menandatangani berkas. Dalam kondisi Luurah tidak di tempat, dapat didelegasikan pada Sekretaris Kelurahan atau Kasi Tata Pemerintahan & Trantib

-

1 hari

6.

Surat Keterangan Kematian

  1. Surat Pengantar Ketua RT
  2. Fotokopy Kartu Keluarga & KTP warga yang meninggal, beserta data kematian
  3. Fotokopy Kartu Keluarga & KTP pelapor kematian

Apabila meninggal di Rumah Sakit, membawa surat keterangan dari Rumah Sakit

dari RS / rukun kematian/ RT

  1. Pelapor Kematian mendatangi Ketua RT setempat untuk meminta Surat Pengantar Ketua RT
  2. Pelapor Kematian langsung ke Kantor Kelurahan Bukit Pinang dan menyerahkan berkas pada Staf di Loket 1 untuk diperiksa kelengkapan dan diproses berkasnya
  3. Kasi Tata Pemerintahan & trantib membubuhkan paraf sebagai bentuk advice terhadap berkas tersebut
  4. Lurah menandatangani brkas. Dalam kondisi Lurah tidak di tempat, dapat didelegasikan pada Sekretaris Kelurahan atau Kasi tata Pemerintahan & Trantib

-

1 hari

7.

Surat Keterangan Pindah Datang

  1. Surat Pengantar Ketua RT
  2. Surat Keterangan Pindah dari daerah asal, yang ditanda tangani oleh :
  • Kepala Disdukcapil (apabila pindah antar Kabupatan/Kota )
  • Camat (apabila pindah antar Kecamatan
  • Lurah (apa bila pindah antar Kecamatan
  • Lurah (apabila antar kelurahan)
  1. Fotocopy Kartu Keluarga dari daerah asal

  1. Pemohon mendatangi Ketua RT setempat untuk meminta Surat Pengantar Ketua RT
  2. Pemohon langsung ke Kantor Kelurahan Bukit Pinang dan menyerahkan berkas pada Staf di Loket 1 untuk diperiksa kelengakapan dan diproses berkasnya
  3. Kasi Tata Pemerintahan & Trantib membubuhkan paraf sebagai bentuk advice terhadap berkas tersebut
  4. Lurah menandatangani berkas. Dalam kondisi Lurah tidak di tempat dapt didelegasikan pada sekretaris Kelurahan atau Kasi Tata Pemerintahan & Trantib berkas dibawa dan diserahkan pada petugas di Kecamatan Samarinda Ulu

-

1 hari

8.

Surat Keterangan Pindah

  1. Surat Pengantar Ketua RT
  2. Fotocopy kartu Keluarga
  3. Alamat lengkap daerah yang dituju
  4. Fotocopy Pelunasan PBB tahun terakhir
  1. Pemohon mendatangi Ketua RT setempat untuk meminta Surat Pengantar Ketua RT
  2. Pemohon langsung ke Kantor Kelurahan Bukit Pinang dan menyerahkan berkas pada Staf di Loket 1 untuk diperiksa kelengakapan dan diproses berkasnya
  3. Kasi Tata Pemerintahan & Trantib membubuhkan paraf sebagai bentuk advice terhadap berkas tersebut
  4. Lurah menandatangani berkas. Dalam kondisi Lurah tidak di tempat dapt didelegasikan pada sekretaris Kelurahan atau Kasi Tata Pemerintahan & Trantib berkas dibawa dan diserahkan pada petugas di Kecamatan Samarinda Ulu

-

1 hari

9.

Surat Keterangan Izin Keramaian

  1. Surat Pengantar Ketua RT
  2. Fotocopy KTP Penanggung Jawab Acara
  3. Surat Permohonan Izin Keramaian
  1. Pemohon mendatangi Ketua RT setemat untuk meminta Surat Pengantar Ketua RT
  2. Pemohon langsung ke Kantor Kelurahan Bukit Pinang dan menyerahkan berkas pada Staf di loket 3 untuk diperiksa kelengkapan dan diproses berkasnya
  3. Kasi Tata Pemerintahan & trantib Membubuhkan paraf sebagai bentuk advice terhadap berkas tersebut
  4. Lurah menandatangani berkas. Dalam Kondisi Lurah tidak di tempat,dapat  didelegasikan pada sekretaris Kelurahan atau Kasi Tata Pemerintahan &Trantib
  5. Berkas dibawa dan diserahkan pada Polsek Samarinda Ulu atau Poltabes Samarinda sesuai ruang lingkup acara

-

1 hari

10.

Surat Pengantar KK

  1. Surat Pengantar Ketua RT
  2. Fotocopy & Asli Kartu Keluarga
  3. Bagi pendatang :
  • Surat Keterangan Pindah Datang
  • Surat keterangan Pindah Datang (Lapor Diri) dari Dinas Kependudukan & Catatan Sipil Kota Samarinda
  1. Bagi yang baru menikah (keluarga Baru):
  • Fotocopy Kartu Keluarga asal
  • Surat Pindah,
  • Fotocopy Buku Nikah
  1. Bagi anak yang baru lahir :
  • Fotocopy surat Keterangan Kelahiran dari Rumah Sakit/Bidan / Puskesmas
  1. Bagi yang kehilangan KK :
  • Surat Kehilangan dari Kepolisian
  1. Bagi yang anggota keluarganya meninggal:
  • Surat Kematian dari Kelurahan
  1. Bagi yang bercerai :
  • Akta Cerai dari pengadilan Agama/Disdukcapil
  1. Fotocopy Pelunasan PBB tahun terakhir
  1. Pemohon mendatangi Ketua RT setempat untuk meminta Surat Pengantar Ketua RT
  2. Pemohon langsung ke Kantor Kelurahan Bukit Pinang dan menyerahkan berkas pada Staf di loket 1 untuk diperiksa kelengkapannya dan diproses berkasnya
  3. Staf mengisi Blanko Kartu Keluarga yang telah tersedia
  4. Kasi Tata Pemerintahan & Trantib membubuhkan paraf sebagai bentuk advice terhadap berkas tersebut
  5. Lurah menandatangani berkas. Dalam Kondisi Lurah tidak di tempat, dapat didelegasikan pada Sekretaris Kelurahan atau Kasi Tata Pemerintahan & Trantib
  6. Berkas dibawa dan diserahkan pada petugas di Kecamatan Samarinda Ulu

-

1 hari

11.

Surat Pengantar Kehilangan

  1. Surat Pengantar Ketua RT
  2. Fotocopy KArtu Keluarga & KTP
  3. Surat Pernyataan Kehilangan di atas materai Rp. 6000,- (dapat dibijaksanai sesuai barang benda yang hilang)
  1. Pemohon mendatangi Ketua RT setempat untuk meminta Surat Pengantar Ketua RT
  2. Pemohon langsung ke Kantor Kelurahan Bukit Pinang dan menyerahkan berkas pada Staf di Loket 3 untuk diperiksa kelengkapan dan diproses berkasnya
  3. Kasi Tata Pemerintahan & Trantib membubuhkan paraf sebagai bentuk advice terhadap berkas tersebut
  4. Lurah menandatangani berkas. Dalam kondisi lurah tidak ditempat , dapat didelegasikan pada sekretaris Kelurahan atau Kasi Tata Pemerintahan & Trantib
  5. Berkas dibawa dan diserahkan pada Polsek Samarinda Ulu atau Poltabes  Samarinda

-

1 hari

12.

Surat Pengantar Kartu Tanda Penduduk

  1. Surat Pengantar Ketua RT
  2. Fotocopy Kartu Keluarga
  3. KTP asli bagi perpanjang atau perubahan data Fotocopy Pelunasan PBB tahun terakhir
  1. Pemohon mendatangi Ketua RT setempat untuk meminta Surat Pengantar ketua RT
  2. Pemohon langsung ke Kantor Kelurahan Bukit Pinang dan menyerahkan berkas pada Staf di loket 3 untuk diperiksa kelengkapan dan diproses berkasnya
  3. Staf mengisi Blanko KTP yang telah tersedia
  4. Kasi Tata Pemerintahan & Trantib membubuhkan paraf sebagai bentuk advice terhadap berkas tersebut
  5. Lurah menandatangani berkas. Dalam kondisi Luurah tidak di tempat, dapat didelegasikan pada Sekretaris Kelurahan atau Kasi Tata Pemerintahan & Trantib Berkas dibawa dan diserahkan pada petugas di Kecamatan Samarinda Ulu

-

1 hari

13.

Surat Pengantar SKCK

  1. Surat Pengantar Ketua RT
  2. Fotocopy Kartu Keluarga & KTP
  3. Foto 3x4 sebanyak 3 lembar
  1. Pemohon mendatangi Ketua RT setempat untuk meminta Surat Pengantar ketua RT
  2. Pemohon langsung ke Kantor Kelurahan Bukit Pinang dan menyerahkan berkas pada Staf di loket 3 untuk diperiksa kelengkapan dan diproses berkasnya
  3. Kasi Tata Pemerintahan & Trantib membubuhkan paraf sebagai bentuk advice terhadap berkas tersebut
  4. Lurah menandatangani berkas. Dalam kondisi Lurah tidak di tempat, dapat didelegasikan pada Sekretaris Kelurahan atau Kasi Tata Pemerintahan & Trantib Berkas dibawa dan diserahkan pada petugas di Kecamatan Samarinda Ulu
  5. Berkas dibawa dan diserahkan pada POlsek Samarinda Ulu atau Poltabes Samarinda

-

1 hari

14.

Surat Keterangan Belum Menikah

  1. Surat Pengantar Ketua RT
  2. Fotocopy KK dan KTP Pemohon
  3. Surat Pernyataan Belum Menikah
  1. Pemohon mendatangi Ketua RT setempat untuk meminta Surat Pengantar Ketua RT
  2. Pemohon langsung ke Kantor Kelurahan Bukit Pinang dan menyerahkan berkas pada Staf di Loket 2 untuk diperiksa kelengkapan dan diproses berkasnya
  3. Kasi Kesejahteraan & Pemberdayaan Masyarakat membubuhkan paraf sebagai bentuk advice terhadap berkas tersebut
  4. Lurah menandatangani berkas. Dalam kondisi lurah tidak ditempat , tidak dapat didelegasikan kepada pejabat lain kecuali ada surat pendelegasian resmi.

-

1 hari

15.

Surat Keterangan Tidak Mampu

  1. Surat Pengantar Ketua RT
  2. Fotokopy KK Pemohon
  3. Surat Pernyataan Bahwa yang Bersangkutan adalah keluarga tidak mampu
  1. Pemohon mendatangi Ketua RT setempat untuk meminta Surat Pengantar Ketua RT
  2. Pemohon langsung ke Kantor Kelurahan Bukit Pinang dan menyerahkan berkas pada Staf di Loket 2 untuk diperiksa kelengkapan dan diproses berkasnya
  3. Kasi Tata Pemerintahan & Trantib membubuhkan paraf sebagai bentuk advice terhadap berkas tersebut
  4. Lurah menandatangani berkas. Dalam kondisi lurah tidak ditempat , tidak dapat didelegasikan kepada Sekretaris Kelurahan atau Kasi Kesejahteraaan dan Pemberdayaan Masyarakat

-

1 hari

16.

Surat Pengantar Nikah

  1. Surat Pengantar Kutua RT
  2. Fotocopy KK dan KTP kedua orang yang akan menikah
  3. Pas Foto Gandeng ukuran 6 x 4 sebanyak 2 lembar
  4. Surat Pernyataan Belum Menikah
  5. Surat cerai/(duda/janda)
  1. Pemohon mendatangi Ketua RT setempat untuk meminta Surat Pengantar Ketua RT
  2. Pemohon langsung ke Kantor Kelurahan Bukit Pinang dan menyerahkan berkas pada Staf di Loket 2 untuk diperiksa kelengkapan dan diproses berkasnya
  3. Kasi Kesejahteraan & Pemberdayaan Masyarakat membubuhkan paraf sebagai bentuk advice terhadap berkas tersebut
  4. Lurah menandatangani berkas. Dalam kondisi lurah tidak ditempat , tidak dapat didelegasikan kepada pejabat lain kecuali ada surat pendelegasian resmi
  5. Setelah ditanda tangani berkas dibawa ke Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Samarinda Ulu

-

1 hari

17.

Berkas Penganjuan Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

  1. Formulir Permohonan/Pengajuan IMB yang dapat diambil pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kota Samarinda Atau Kecamatan  Samarinda Ulu ( bila luas bangunan kurang dari 150 m²)
  2. Fotocopy KTP Pemohon (3 lembar)
  3. Fotocopy Pelunasan PBB tahun terakhir dan terbaru ( 3 lembar)
  4. Fotocopy Surat Tanat dilegalisir oleh Pejabat yang Berwenang (3 lembar)
  5. Asli Gambar Bangunan (format Autocad) pada kertas A3 (1 rangkap) dan fotocopy 2(2 rangkap)
  6. Gambar situasi/site plan/lay out / memperhatikan situasi lingkungan sekitarnya bangunan tetangga, jalan, sungai dan perbukitan / rawa)
  7. Tampak depan / samping / belakang potongan
  8. Rencana drainase
  9. Fotocopy Karpeg khusus untuk PNS, TNI, POLRI, Pensiunan dan Purnawirawan (3 lembar)
  1. Pemohon mengambil Formulir Permohonan / Pengajuan IMB di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kota Samarinda atau Kecamatan Samarinda Ulu (bila luasan kurang dari 150 m²)mengisi dan melengkapi syarat yang tertera
  2. Pemohon meminta tanda tangan pemilik bangunan yang berbatasan langsung di sebelah kanan, kiri, dan belakang, sebagai bentuk komunikasi
  3. Pemohon meminta tanda tangan Ketua RT setempat
  4. Pemohon ke Kantor Kelurahan Bukit Pinang dan menyerahkan berkas pengajuan IMB pada staf di loket 3 untik diperiksa kelengkapannya
  5. Staf Ekonomi Pembangunan dan Tim K3 Kelurahan Bukit Pinang melakukan pengecekan di lokasi, dan melaporkannya kepada Kasi Ekonomi Pembangunan dan Kebersihan Lingkungan
  6. Kasi Ekonomi Pembangunan dan Kebersihan Lingkungan membubuhkan paraf sebagai bentuk advice terhadap berkas tersebut
  7. Lurah menandatangani berkas. Dalam kondisi Lurah tidak di tempat, dapat didelegasikan pada Sekretaris Kelurahan Berkas dibawa dan diserahkan pada petugas di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kota Samarinda atau Kecamatan Samarinda Ulu (bila luasan kurang dari 150m²)

-

1 hari

18.

Berkas Pengajuan Surat Izin Tempat Usaha (SITU) / Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) kelengkapan berkas usaha lain

  1. Formulir Permohonan / Pengajuan SITU/ SIUP/ kelengkapan berkas usaha yang lain yang dapat diambil pada BAdan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kota Samarinda atau Kecamatan Samarinda Ulu ( bila luasan bangunan usaha kurang dari 60 m²)
  2. Fotocopy Akte Notaris Pendiri Usaha
  3. Fotocopy KTP Pemohon
  4. Fotocopy Pelunasan PBB tahun terakhir dan terbaru
  1. Pemohon mengambil Formulir Permohonan / Pengajuan SITU/ SIUP/ kelengkapan berkas usaha lain yang dapat diambil pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kota Samarinda atau Kecamatan Samarinda Ulu (bila luasan bangunan usaha kurang dari 60 m²) mengisi, dan melengkapi syarat yang tertera
  2. Pemohon meminta meminta tanda tangan Ketua RT setempat
  3. Pemohon ke Kantor Kelurahan Bukit Pinang dan menyerahkan berkas pengajuan IMB pada staf di loket 3 untik diperiksa kelengkapannya
  4. Staf Ekonomi Pembangunan dan Tim K3 Kelurahan Bukit Pinang melakukan pengecekan di lokasi, dan melaporkannya kepada Kasi Ekonomi Pembangunan dan Kebersihan Lingkungan
  5. Kasi Ekonomi Pembangunan dan Kebersihan Lingkungan membubuhkan paraf sebagai bentuk advice terhadap berkas tersebut
  6. Lurah menandatangani berkas. Dalam kondisi Lurah tidak di tempat, dapat didelegasikan pada Sekretaris Kelurahan
  7. Berkas dibawa dan diserahkan pada petugas di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kota Samarinda atau Kecamatan Samarinda Ulu (bila luasan kurang dari 60m²)

-

1 hari

19.

Surat Keterngan Domisili Usaha

  1. Surat Pengantar Ketua RT
  2. Fotocopy KTP Pemilik atau Pemimpin Usaha
  3.  Akta Pendirian Usaha, SITU / SIUP
  1. Pemohonan menemui Ketua RT di Tempat usaha berada untuk meminta Surat Pengantar Ketua RT
  2. Pemohon ke Kantor kelurahan Bukit Pinang dan menyerahkan berkas di loket 2 untuk diperiksa kelengkapannya, serta mengisi Surat Pernyataan usaha
  3. Staf Seksi Ekonomi Pembangunan dan Tim K3 Kelurahan Bukit Pinang melakukan Pengecekan di lokasi dan melaporkan kepada Kasi Ekonomi Pembangunan dan Kebersihan Lingkungan
  4. Kasi Ekonomi Pembangunan dan Keberihan Lingkungan membubuhkan paraf sebagai bentuk advice terhadap berkas tersebut
  5. Lurah menandatangani berkas. Dalam kondisi Lurah tidak di tempat, dapat didelegasikan pada Sekretaris kelurahan  atau Kasi Ekonomi Pembangunan dan Kebersihan Lingkungan

-

1 hari

20.

Surat Izin Usaha Menengah Kecil (IUMK)

  1. Surat Pengantar Ketua RT
  2. Formulir Surat Pernyataan Usaha ( disediakan di Kantor Kelurahan Bukit Pinang)
  3. Materai Rp. 6000,-
  4. Fotocopy KTP pemohon
  1. Pemohonan menemui Ketua RT di Tempat usaha berada untuk meminta Surat Pengantar Ketua RT
  2. Pemohon ke Kantor kelurahan Bukit Pinang dan menyerahkan berkas di loket 2 untuk diperiksa kelengkapannya, serta mengisi Surat Pernyataan usaha
  3. Staf Seksi Ekonomi Pembangunan dan Tim K3 Kelurahan Bukit Pinang melakukan Pengecekan di lokasi dan melaporkan kepada Kasi Ekonomi Pembangunan dan Kebersihan Lingkungan
  4. Kasi Ekonomi Pembangunan dan Kebersihan Lingkungan membubuhkan paraf sebagai bentuk advice terhadap berkas tersebut
  5. Lurah menandatangani berkas. Dalam kondisi Lurah tidak di tempat, dapat didelegasikan pada Sekretaris kelurahan  atau Kasi Ekonomi Pembangunan dan Kebersihan Lingkungan

-

1 hari

21.

Surat Keterangan Domisili Organisasi / Yayasan

  1. Surat Pengantar Ketua RT
  2. Fotocopy KK Pimpinan Organisasi atau Pemilik/ Peimpinan Yayasan
  3. Akta Pendirian Organisasi / Yayasan
  1. Pemohonan menemui Ketua RT di Tempat usaha berada untuk meminta Surat Pengantar Ketua RT
  2. Pemohon ke Kantor kelurahan Bukit Pinang dan menyerahkan berkas di loket 4 untuk diperiksa kelengkapan dan diproses berkasnya
  3. Sekretaris Kelurahan membubuhkan paraf sebagai bentuk advice terhadap berkas tersebut
  4. Lurah menandatangani berkas. Dalam kondisi Lurah tidak di tempat, dapat didelegasikan pada Sekretaris Kelurahan.

-

1 hari

22.

Surat Ketarangan Umum

  1. Surat Pengantar Ketua RT
  2. Fotocopy KK Pemohon
  3. Berkas Pendukung (bila dibutuhkan)
  1. Pemohonan menemui Ketua RT di Tempat usaha berada untuk meminta Surat Pengantar Ketua RT
  2. Pemohon ke Kantor kelurahan Bukit Pinang dan menyerahkan berkas di loket 4 untuk diperiksa kelengkapan dan diproses berkasnya
  3. Sekretaris Kelurahan membubuhkan paraf sebagai bentuk advice terhadap berkas tersebut
  4. Lurah menandatangani berkas. Dalam kondisi Lurah tidak di tempat, dapat didelegasikan pada Sekretaris Kelurahan.

-

1 hari



« Lapor Ke Lurah Bukit Pinang - Kegiatan bapak lurah bukit pinang pembuatan drainase di RT 17 »